Acer Kembangkan Pasar Smartphone & Tablet di China

BEIJING - Acer diketahui telah membentuk unit bisnis perangkat mobile khusus untuk wilayah China. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan share vendor hardware itu dalam pasar tablet dan smartphone yang terus berkembang di Negeri Tirai Bambu.
April lalu, Acer melakukan pengaturan ulang terhadap operasional produknya dan membentuk Touch Business Group yang fokus mengembangkan perangkat mobile. Kini, Acer memutuskan untuk membentuk Touch Business Group khusus untuk wilayah China yang memiliki potensi pasar besar. Demikian dilaporkan Network World, Selasa (19/7/2011).
Pada unit bisnis itu, Acer mempercayakan kursi kepemimpinan pada Dave Chan, yang notabene adalah mantan eksekutif Hewlett-Packard.
Berdasarkan data firma riset Gartner, Acer merupakan produsen PC terbesar ketiga di China dengan market share 9,2 persen. Namun kontribusi Acer di pasar tablet dan smartphone masih sangat kecil.
Padahal, tahun lalu penjualan smartphone di China sukses mencapai 60 juta unit. Sayangnya, penjualan Acer masih terlalu kecil sehingga firma riset Analysis International memilih untuk tidak mengkalkulasikannya.
Saat ini, Nokia masih menjadi pemimpin di pasar smartphone China dengan share 22 persen. Sedangkan pesaing Acer, Lenovo, mencatat market share 4,2 persen.
Di pasar tablet, Apple (78 persen) masih dominan berkat iPad-nya yang fenomenal. Samsung dan produsen tablet lainnya berbagi 'sisa' market share 22 persen.
Sumber : Okezone