Rabu, 25 Januari 2012

Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Bandung, memang sudah menjadi tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Bandung selain wisata belanja. Salah satunya adalah bermain angklung di Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo terletak di Jl Padasuka No 118, Bandung. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara jika datang ke Bandung. Tidak hanya turis, rupanya Saung Angklung Udjo juga sering dikunjungi oleh siswa dan mahasiswa dari setiap sekolah atau universitas yang berada di Bandung dan Jakarta.


Angklung adalah salah satu alat musik traditional khas Jawa Barat yang terbuat dari bambu, dan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Untuk memainkannya, Anda cukup menggoyangkan dan menggetarkan angklung dengan tangan. Pada zaman dulu, angklung digunakan saat ritual keagamaan. Khususnya, digunakan sebagai media pengundang Dewi Sri, biasa disebut Dewi Padi atau kesuburan, untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada tanaman. 

Saung Angklung Udjo adalah tempat yang sangat sejuk dan bersih. Tempat ini memiliki lahan parkir yang luas, tempat pertunjukan yang mampu menampung puluhan orang, toko cinderamata, toilet yang bersih, dan tempat pembuatan angklung. Tempat pertunjukan angklung sangat sederhana, namun dekorasi dan udaranya yang sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. 

Pertunjukan angklung ditampilkan setiap hari, mulai pukul 15.30-17.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp 50.000. Pertunjukan yang berlangsung selama dua jam tersebut, sangat menakjubkan. Acara tidak hanya diisi dengan pertunjukan Angklung, tetapi juga tari-tarian tradisional oleh anak-anak kecil Akademi Saung Angklung Udjo, pertunjukan wayang golek, hingga pembelajaran angklung yang bisa langsung Anda coba. Setiap orang, nantinya akan diberi satu angklung dan diajari cara memainkan angklung dengan benar. Biasanya, angklung tersebut diberikan gratis untuk pengunjung sebagai cinderamata. 


Di akhir acara, Anda akan ditarik oleh anak-anak kecil yang melakukan tarian tradisional dan diajak menari juga bermain bersama. Anda akan sangat terhibur oleh anak-anak kecil yang lucu dan tertawa dengan penuh ceria bersama semua pengunjung.

Puas bermain angklung, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Saung Angklung Udjo yang berada di toko souvenir. Ada banyak barang-barang yang menarik di sini, seperti berbagai hasil kerajinan dari bambu, baju-baju khas Bandung dan hiasan-hiasan yang cantik.


Mengisi akhir pekan dengan ceria tentu sangat menyenangkan. Salah satu tempat untuk mendapatkan keceriaan tersebut adalah di Saung Angklung Udjo, Bandung.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar