Senin, 03 Oktober 2011

World Batik Summit 2011

Ibu Negara, Ani Yudhoyono menyampaikan, batik merupakan salah satu merek atau ikon bangsa Indonesia. Pencapaian ini merupakan hasil jerih payah para perajin, juga seluruh masyarakat Indonesia.

"Tadi berkali-kali dikatakan batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang bisa membuktikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang memiliki seni dan budaya yang sangat luhur," ujar Ani dalam acara peringatan Hari Batik Nasional yang bertema "Batik, Seribu Tahun Lagi," di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (3/10/2011).


Untuk itu, ia menyebut, pengembangan produk batik tradisional perlu melihat aspek budaya, ekonomi, lingkungan dan hubungan internasional. Dalam perspektif budaya, kata dia, batik merupakan ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis yang unik dan nilai estetika tinggi.

"Keunikan yang indah itu merupakan salah satu pembentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain, sehingga menjadi identitas dan jati diri bangsa Indonesia," tambah dia.

Ia juga menekankan, batik telah diakui Unesco sebagai "The Intangible Cultural Heritages of Humanity" (warisan budaya tak benda bagi kemanusiaan) pada 2 Oktober 2009 lalu. Menurutnya, pengakuan ini merupakan pendorong masyarakat untuk melestarikan batik.

"Salah satunya kita buktikan dengan kehadiran kita di Pekalongan pada hari ini," sebutnya, Kunjungan kerja Ibu Negara merupakan rangkaian dari ajang "World Batik Summit 2011". 

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar